Anal KRL

Aku mau sedikit cerita tentang permasalahan bangku prioritas di krl.
Jadi gini ya, aku pernah dapat curhat dr ex temem kantorku yang kerjanya udah pindah ke sudirman. Cowok, usianya ga muda tapi ga tua. Suatu hari pas pulang kerja ketemu di stasiun duri. Terus aku tanya dong,
Aku: pak kok naik dari Duri?
Bapak: iya berharap bisa dapat duduk nih jadi nembak krl dari sini.
Lumayan bisa tidur sampai Bogor (rumahnya si Bapak di Bogor)
A: oh gitu jauh juga ya pak. Terus disini juga KRLnya masih nunggu.
B: ya gitu, tp daripada pegel. Cuman kadang ga tidur juga. Terus ada aja ibu-ibu yang minta kursi.

Ini kejadianya sebelum seluruh jendela krl dipasangin stiker prioritas.
Jadi dulu sih sebagain orang yang berhak (kayaknya) masih segen untuk minta kursi di bangku yang bukan prioritas. Termasuk aku salah satunya yang udah ngejalanin hamil 2 kali dan menggunakan fasilitas krl ini.

Dulu aku tuh sampe bela2in ngapalin letak pintu masuk yang langsung belok ke area kursi prioritas sakingan aku ga enak harus gangguin mereka yang bela-belain berangkat lebih pagi, mereka yang bela-belain balik arah dulu biar dapat kursi di stasiun awal atau mereka yang ga ada di 4 kategori prioritas tapu punya alasan untuk ga diganggu duduknya di bangku non prioritas, misal: 
1. Pasca sakit (sudah sembuh, masih lemas tapi kudu masuk kerja karena udah kebanyakan cutinya)
2. Lagi ga enak badan tapi kuat-kuatin kerja
3. Hamil trimester awal 

Aku sih ya ga segan-segan untuk teriak minta kursi di bangku prioritas, bangunin cowok muda yang (pura-pura) tidur, ya karena mereka ga berhak di bangku prioritas.
Tapi aku enggan buat masuk ke gerbong cewek. Karena males drama aja sih minta kursi taunya si mba lagi hamil juga, terus berakhir dinyinyirin - tau kaaaan cewek itu gimana nyinyirnya - hahaha.
Tapi ya lagi-lagi aku segan minta kursi non prioritas karena denger pengalaman temenku yang belain balik arah dulu buat dapatin duduk di krl.

Terus pernah ga sih mikir kalau di kursi prioritas itu banyak orang ga berhak dudukinya, mereka masih muda, pacaran, kamu malah duduk di bangku non prioritas yang nota bene mereka bela-belain dapetin tuh kursi pake usaha.
Aku sih miris aja, karena emang nyatanya aku pernah nemuin cowok yang nemenin pacarnya di kursi prioritas terus depannya ada bapak tua bediri tapi doi ga kasih duduk. Kezelll.

Terus sekarang di setiap jendela krl udah dipasang stiker prioritas. Gimana nasib temen-temen yang belain berangkat pagi, balik arah dulu biar dapat duduk?
Yaudalah itu urusan mereka.
Tapi please buat kamu yang baca ini, be smart lah ya dalam menggunakan kendaraan umum.
Jangan cuman bisa ngomel ini itu ga dikasih duduklah-apalah.

Kalau merasa emang berhak, ngomong-minta aja, jangan ngedumel nyinyir. Mana tau yang duduk emang lagi ga enak badan jadi ga bisa kasih kursinya. Jangan malah post yang nggak-nggak juga di media sosial.
Buat yang bawa anak pilihlah jam yang emang nyaman buat kamu naik krl. Aku sih ga mau ambil resiko bawa anak di jam hectic buat naik kendaraan umum ya. Jangan paksain lah intinya, atau kalau ga tunggu aja krlnya agak sepian. Kapan sepi? Ya ada aka sih. Minimal kalian bisa masuk dari pintu yang dekat ke kursi prioritas (eh sekarang semuanya udah jadi prioritas ya, hihihi) 

Selamat berkendara krl ya gesss


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Craving more to have baby...

Melahirkan putri cantik ku di RSIA Tambak

Review dokter spesialis anak