Review dokter spesialis anak

Nah ini bagian yang sering bikin buibuk galau, memilih dokter spesialis yang tepat untuk anak.
Pengalaman Mima sendiri, setiap mau ke dsa pasti cek review-review dulu (ga cuman dsa sih, mau beli baju pun cek review dulu - dasar emak-emak kan).
Sebenernya ada banyak daftar nama-nama dsa yang reviewnya OK. Cuman seringkali prakteknya ga deket sama domisili kita, jadi kadang Mima skip deh, secara Jakarta macet gila. Belum ketempat prakteknya udah macet, sampai lokasi kudu ngantri lagi.
kebayang kan bawa bayi ngantri ke dokter pasti rungsing aja gitu bayinya. Apalagi kalau kondisi bayi lagi sakit, kitanya udah cemas duluan di jalan. 

Sekedar berbagi informasi, kali ini Mima mau share pengalaman selama ke dokter spesialis anak (dsa) Mas Danis dan Neng Disa.
1. Dokter J. Mila hardiani - RSIA Tambak
Satu kata buat dokter cantik ini "SMART". Dokter Mila ini Dokter sedari lahirnya Mas Danis dan Neng Disa. Jadi kan Mas Danis dan Neng Disa sama-sama lahir di RSIA Tambak, kebetulan Mima jodohnya selalu sama Dokter Mila nih. Kenapa Mima bilang Smart, soalnya kalau kita nanya dokter Mila selalu bisa kasih penjelasan ilmiah dari pertanyaan kita itu. Selain smart dokter Mila juga RUM dan pro Asi banget, ga asal kasih obat, biasanya kalau anak batuk pilek andalanya cukup di jemur atau dinebul. Plusnya lagi, dokter Mila gampang banget dihubungi via WA, Mima pernah sekedar nanya kenapa bekas vaksin BCG si Mas ga langsung bekas, dijawab dengan jelas dalam WA. Mima juga pernah minta saran ke dokter Mila pas Neng Disa harus di rontgen, dan kembali dokter Mila jawab dengan jelas dan bikin hati Mima tenang. Nih satu lagi yang paling penting adalah dokter Mila tuh JUJUR, alias ga matre, jadi kan setelah pulang dari RS neng Disa bilurubinya tinggi, disaat Mima panik dokter Mila jelasin dengan tabel dari WHO kalau itu sebenarnya wajar, cuman karena takut naik lagi jadi dokter Mila menyarankan untuk disinar, terus dokter Mila bilang gini "semalam aja kok bu, besok pasti udah turun." Akhirnya cuman semalam aja Neng masuk Inkubator, giliran teman-temannya neng di dokter dan RS lain ada yang 2-3 malam menginap di RS.

2. Dokter Sonny Hakkun - RSIA Bunda Palembang
Ceritanya ke Dokter Sonny buat vaksin mas Danis pas di Palembang, Mima ga bisa review banyak ya karena baru sekali ketemu dan cuman buat vaksin aja. Tapi impresi yang Mima dapetin nih dokternya ramah dan sabar. Kan Mas Danis waktu itu vaksin Rota yang mana kudu diteteis dan banyak, dokternya sabar pelan-pelan masukin vaksin-nya ke mulut Mas Danis.

3. Dokter Erita Ilyas - RSIA Hermina Jatinegara
Dokter Erlita ini dokter spesialis anaknya Mas Danis (neng Disa belum pernah dipegang sama dokter Erlita) - keibuan banget, dokternya baik & sabar. Awal kesini pas Mas Danis sakit batuk pilek dan demamnya tinggi, akhirnya kita coba bawa kesini. Dikasih obat puyer, alhamdulillah cocok dan cepat sembuhnya. Kenapa suka ke RSIA Hermina Jatinegara? Soalnya disini ada tempat bermain anaknya, jadi sambil nunggu giliran masuk, anak bisa sambil main.

4. Dokter Rinawati - RSIA YPK Mandiri Menteng
Ini juga dokternya Mas Danis, kesini cuman sekali aja, sebenernya Mima suka sama dokternya. Tapi karena sekarang lokasi RS nya udah jauh dari rumah jadi ga pernah kesini lagi. Dokternya udah pengalaman banget, baik, sabar juga ga matre. Tadinya kan kesini mau vaksin PCV booster, tapi karena pas itu lagi campaign Vaksin MR dari pemerintah, akhirnya dokter nyaranin MR dulu aja, which is free. Karena cuman sekali reviewnya ga bisa banyak ya.

5. Dokter Zulkifli Isa - RSIA Hermina Jatinegara
Ini juga dokternya Mas Danis, kesini karena Dokter Erita udah pulang (dari jadwal prakteknya), jadi kan semalan mas Danis batuk tadinya galau antara mau bawa ke dokter atau ga. Udah daftar ke dokter Erita sayangnya Mima ga pegang nomor dokternya, jadi kebetulan pas kesana udah habis jadwal praktek, dokternya udah pulang. Ya akhirnya kita ke yang ada aja which is dokter Zulkifli. Karena cuman sekali reviewnya ga bisa banyak ya.

6. Dokter Yenny W. Abass - RS Awal Bros Bekasi
Ini dokter yang nanganin Neng Disa pas Kejang Demam - Batuk Pilek yang akhirnya periksa di dokter lain hanya common cold. Neng Disa sempat di Rawat 3 malam, di cek darah sampai 3 kali which is hasilnya semua baik dan pas ke empat kalinya disuruh cek darah karena dicurigai DBD Mima menolak dengan tegas. Sama Dokter Yenny juga disuruh Rontgen dan hasilnya tertulis Bronkopneomia.

7. Dokter Arifianto (Apin) - Klinik Pribadi Jl. Inpres Kramat Jati
Siapa sih yang ga kenal dokter satu ini. Mima pun bela-belain demi menjawab rasa penasaran Mima tentang demamnya Neng Disa yang sampai bikin kejang, akhirnya mendaftar di klinik pribadinya dokter Apin ini. Selain di sini, dokter Apin juga praktek di Markas Sehat dan RSUD Pasar Rebo. Tuh kan ga ada yang deket sama lokasi Mima yang sekarang di Bekasi. Berhubung di Condet ada rumahnya Wa papih akhirnya Mima memutuskan untuk konsul sekalian vaksin PCV neng Disa di klinik prinadinya dokter Apin ini. Kalau dari rumah si Wa papih sih jaraknya ga sampai 2 kilometer loh.
Kesan yang di dapat pas konsul pertama ini sangat memuaskan, dokter Apin seperti bisa membaca pikiran Mima (lebhay), pas Mima cerita kalau Disa Kejang Demam dokter langsung bilang, "Dikeluarga ga ada turunan kejang padahal ya." sedangkan dokter sebelumnya justru nanya "Pasti di keluarga ada yang turunan kejang dan ini faktor genetik." Ok pertanyaan Mima langsung di jawab sama dokter Apin, kalau demam itu bisa karena 'bakat' juga, jadi ya ga harus turunan. Untuk kasus Broknopnemonia nya dokter Apin bilang kalau Neng Disa cuman common cold aja, karena ga ada sesak nafas (ini juga yang dibilang sama dokter Mila), jadi kalau pnemonia keliatan dari sesak nafas dan rongga dada anak akan kelihatan tertekan.
Dokter Apin pun menulis note banyak di buku kesehatan Disa, bukan karena kondisi Disa buruk ya, tapi karena emang dokter Apin meriksanya dengan detail dan membekali pasien dengan ilmu.
Terus Mima mau kesini lagi buat vaksin nya Disa, meski macet ya puas aja gitu, manalagi lebih murah, hehe. Sekalian itung-itung mampir ke rumah Wa Papih. Tapi kalau kondisi bawa anak Sakit kayaknya Mima ga yakin bisa kesini, apalagi neng Disa punya riwayat kejang. Takutnya kelamaan dijalan doang.
Ayo dong dokter Apin buka praktek di Bekasi, hehehe..



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Craving more to have baby...

Melahirkan putri cantik ku di RSIA Tambak