Craving more to have baby...

Hua... udah hampir setahun ga nulis di blog... 
Masih inget setahun yang lalu lagi sibuk-sibuknya ngurusin pernikahan, dan Alhamdulillah sampai ke hari-H semuanya lancar.

Beres nikah kemudian tinggal satu atap sama mertua. Dan lumayan ya ke kantor jadi jauh, apalagi Januari - awal Maret kemarin sempet hujan sampe banjir, so pernah tuh makan waktu 3 jam sendiri padahal via tol.

Dan seperti biasa, pertanyaan selanjutnya setelah menikah adalah "udah hamil apa belum?". Sedihnya tiap ditanya begini, awal-awal pernikahan si masih cuek-cuek aja tiap ditanya begini. Eh berjalan waktu, udah ke bulan 9 ini pertanyaannya jadi rasa sensitif banget di telinga. Apalagi kalo udah dibanding-bandingin sama temen yang baru nikah dan udah pada hamil. Hiks....

Akhirnya kemarin di bulan ke-9 menikah, saya dan suami iseng ke dokter. Ga niat untuk program hamil sih, cuman pengen cek aja gimana isi dalam kandungan. Lagupula saya termasuk yang mensnya mengalami 2-3 bulan sekali, jadi agak susah mau hitung masa subur. Atas referensi saudaranya suami, kita ke dr. Icksan Z. Ambiar yang klinik-nya di Raden Inten - Duren Sawit. Kliniknya masih baru, jadi enak bersih dan belum banyak pasien jadi ga pake nunggu. 

Seperti biasa dokter pasti nanya terakhir mens kapan, akhirnya saya bilang terakhir mens itu dibulan Desember, sedangkan saya kontrol ke dokter di bulan Februari. Singkat cerita rahim ku di USG kata dokter sih bagus ga kenapa-kenapa. Terus dikasih obat untuk pemancing mens. Seminggu dari obatnya habis, mens-ku kemudian keluar, di hari kedua mens ke dokter lagi, terus disuruh HSG hari kedua setelah mens bersih dan kembali lagi ke dokter pada hari ke 12 dari hitungan awal mens hari pertama untuk liat sel telur-nya. Dihari itu saya dan suami sama-sama dikasih obat penyubur dan vitamin juga diaksih jadwal melakukan hubungan (2 hari 1 kali pada jangka waktu yang diperikan dokter subur).

Akhirnya beres mens di hari kedua saya HSG di RS. Bunda Aliya, dokter Radiologi-nya sendiri adalah istri dari dr. Icksan. Sempet takut juga H-1 sebelum proses HSG ini, dari hasil browsing di internet dan dapet cerita dari temen-temen katanya lumayan sakit dan mual. Tapi dengan kekuatan dan keteguhan hati demi menimang baby, kahirnya diberaniin aja.

Sebelum mulai HSG saya dikasih obat penghilang rasa sakit, terus ganti baju dengan baju khusus (kek baju buat operasi gitu), dan dimulailah tes HSGnya. Disini suami tidak diperbolehkan masuk, mungkin karena takut terkena sinar radiasi-nya ya. Jadi Tes HSG itu kita dimasukan cairan melalui keteter untuk mengetahui ada sumbatan apa tidak pada saluran (tuba falopi) kita. Reaksi-nya memang mual banget pas dimasukin cairan itu, sekitar 1 menit lah akhirnya normal. Dan Alhamdulillah hasilnya patent atau normal.

Selanjutnya, sesuai instruksi dokter saya dan suami kembali ke klinik pada hari ke 12 untuk USG Transvagina. Disitu keliatan sel telur dalam rahim saya, yang besar cuman satu dan ga cukup besar untuk dibuahi (hiksss). Ukuranya 1,6 x 1,5 seharusnya untuk normal udah 2. Dokter cuman bilang, gapapa, mungkin butuh waktu 3 - 4 hari lagi untuk sampai ke 2 dan disitulah titik ovulasinya. Periksa ke dokter kali ini ga dikasih obat, cuman konsultasi dan Transvagina aja.

Sebenernya agak takut kalo ternyata PCOS, keinginan saya punya bayi sampe saya cukup banyak browsing dan akhirnya tau banyak tentang kendala-kendala dan beberapa penyebab susahnya hamil. Beberapa karna PCO atau sel telur yang dimiliki kecil dan tidak bisa matang pada saat ovulasi berlangsung (tidak mengalami ovulasi). Tapi dokter ga ngomong apa-apa sih soal itu. Malah nyuruh positive thinking aja.

Selanjutnya dokter suruh dateng lagi kalo 1 bulan belum hamil juga maka sperma suami yang diperiksa. Cuman ga kepikiran kalo suami harus tes sperma, mungkin yang ini diskip dulu deh sambil harap-harap bulan depan mens ga datang alias positive hamil.

So, saat ini lagi rajin hitung-hitung suhu basal tubuh setiap pagi dan pantengin diagram saya sambil ngebandingin diagram orang-orang di Internet. Meski ga yakin dengan ke-valid-an cara saya ngecek suhu basal tubuh, paling ga puas ya udah usaha. Hehehe...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melahirkan putri cantik ku di RSIA Tambak

Review dokter spesialis anak